Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs pada materi teorema Pythagoras baik secara parsial ataupun silmultan. Metodologi penelitian menggunakan ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Medan dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara parsial kepercayaan diri dan kecemasan tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan koefisien regresi kepercayaan diri sebesar 0,205 (20,5%), dan koefisien regresi kecemasan sebesar 0,057 (5,7%), sedangkan secara simultan kepercayaan diri dan kecemasan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,800 atau 80%. Artinya pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan siswa secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika adalah sebesar 80%, sedangkan sisanya sebesar 20% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. ABSTRACT This research aims to determine the influence of self-confidence and anxiety on the mathematical problem solving abilities of class VIII MTs students on the Pythagorean theorem material either partially or simultaneously. The research methodology uses ex-post facto. The research population was class VIII students at MTs Negeri 1 Medan with a sample size of 30 students. The sampling technique uses purposive sampling technique. The analysis techniques used are simple linear regression tests and multiple linear regression tests. The results of this study indicate that, partially self-confidence and anxiety have no effect on students' mathematical problem solving abilities with a self-confidence regression coefficient of 0.205 (20.5%), and an anxiety regression coefficient of 0.057 (5.7%), while simultaneously self-confidence and anxiety influence students' mathematical problem solving abilities with a coefficient of determination with an R Square value of 0.800 or 80%. This means that the influence of students' self-confidence and anxiety simultaneously on mathematical problem solving abilities is 80%, while the remaining 20% is influenced by other variables not included in this research.
Copyrights © 2024