Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul matematika yang valid, praktis, dan efektif dengan bantuan software flip pdf professional. Metodologi penelitian menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test untuk menguji perbedaan pretest dan posttest serta uji n-gain score untuk melihat tingkat efektifitas e-modul. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) e-modul matematika dengan menggunakan software flip pdf professional pada materi sistem persamaan linear dua variabel memenuhi kriteria valid dengan hasil penilaian sebesar 80% dari ahli media, 88% dari ahli materi, dan 86% dari ahli bahasa, (2) e-modul matematika dengan menggunakan software flip pdf professional pada materi sistem persamaan linear dua variabel memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata hasil respon peserta didik sebesar 89% dengan kategori “sangat praktis”, dan (3) e-modul matematika dengan menggunakan software flip pdf professional pada materi sistem persamaan linear dua variabel memenuhi kriteria efektif dengan hasil uji paired sample t-test memperoleh t-hitung > t-tabel yaitu -42,131>2,109 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test dan post test serta rata-rata n-gain score yang diperoleh sebesar 76% dengan kategori “efektif.” Dengan dimikian, e-modul matematika yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. ABSTRACT This study aims to develop a valid, practical, and effective mathematics e-module with the help of professional flip pdf software. The research methodology uses the R&D method with the ADDIE development model. The data analysis technique uses the paired sample t-test to test the difference between the pretest and posttest and the n-gain score test to see the level of effectiveness of the e-module. The results of the study revealed that (1) the mathematics e-module using the flip pdf professional software on the material of the two-variable linear equation system met the valid criteria with an assessment result of 80% from media experts, 88% from material experts, and 86% from language experts, (2) the mathematics e-module using the flip pdf professional software on the material of the two-variable linear equation system met the practical criteria with an average student response result of 89% with the category "very practical", and (3) the mathematics e-module using the flip pdf professional software on the material of the two-variable linear equation system met the effective criteria with the results of the paired sample t-test obtaining t-count > t-table, namely -42.131> 2.109, which means that there is a significant difference between the pre-test and post-test and the average n-gain score obtained is 76% with the category "effective." Thus, the mathematics e-module developed is valid, practical, and effective for use in the learning process.
Copyrights © 2024