Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 5 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Juwita, Jenni (Unknown)
Rakhmawati, Fibri (Unknown)
Ammamiarihta (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul matematika yang valid, praktis, dan efektif dengan bantuan software flip pdf professional. Metodologi penelitian menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test untuk menguji perbedaan pretest dan posttest serta uji n-gain score untuk melihat tingkat efektifitas e-modul. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) e-modul matematika dengan menggunakan software flip pdf professional pada materi sistem persamaan linear dua variabel memenuhi kriteria valid dengan hasil penilaian sebesar 80% dari ahli media, 88% dari ahli materi, dan 86% dari ahli bahasa, (2) e-modul matematika dengan menggunakan software flip pdf professional pada materi sistem persamaan linear dua variabel memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata hasil respon peserta didik sebesar 89% dengan kategori “sangat praktis”, dan (3) e-modul matematika dengan menggunakan software flip pdf professional pada materi sistem persamaan linear dua variabel memenuhi kriteria efektif dengan hasil uji paired sample t-test memperoleh t-hitung > t-tabel yaitu -42,131>2,109 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test dan post test serta rata-rata n-gain score yang diperoleh sebesar 76% dengan kategori “efektif.” Dengan dimikian, e-modul matematika yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. ABSTRACT This study aims to develop a valid, practical, and effective mathematics e-module with the help of professional flip pdf software. The research methodology uses the R&D method with the ADDIE development model. The data analysis technique uses the paired sample t-test to test the difference between the pretest and posttest and the n-gain score test to see the level of effectiveness of the e-module. The results of the study revealed that (1) the mathematics e-module using the flip pdf professional software on the material of the two-variable linear equation system met the valid criteria with an assessment result of 80% from media experts, 88% from material experts, and 86% from language experts, (2) the mathematics e-module using the flip pdf professional software on the material of the two-variable linear equation system met the practical criteria with an average student response result of 89% with the category "very practical", and (3) the mathematics e-module using the flip pdf professional software on the material of the two-variable linear equation system met the effective criteria with the results of the paired sample t-test obtaining t-count > t-table, namely -42.131> 2.109, which means that there is a significant difference between the pre-test and post-test and the average n-gain score obtained is 76% with the category "effective." Thus, the mathematics e-module developed is valid, practical, and effective for use in the learning process.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...