Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 3 No 2 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Kecepatan Berhitung Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SDIT Mutiara Palabuhanratu

Siti Apsoh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap kecepatan berhitung mata pelajaran matematika pada siswa kelas II SDIT Mutiara Palabuhanratu. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan penelitian Non- equivalen Control Group Design Pretestt-Pretestt, yaitu memberi tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberi tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan metode jarimatika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II (kelas a dan b) kelas A sebagai kelas kontrol dan B eksperimen. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik tes dan dokumentasi.sementara itu Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, hipotesis dan uji n-gain dengan spss versi25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode jarimatika siswa lebih cepat menyelesaikan operasi menghitung tanpa perlu menggunakan coretan di buku tulis cukup dengan jari-jari tangan dan dengan gerakan jari tangan dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa tidak cepat bosan. Dapat dilihat rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 39 dan kelas kontrol 42,5. Setelah dibeikan perlakuan nilai rata-rata prottest kelas eksperimen adalah 77 sedangkan kelas kontrol 49.Peningkatan kecepatan berhitung bisa dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang ternyata terdapat perbedaan dengan sig(2-tailed) pada kelompok eksperimen sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.dengan rata-rata waktu yang digunakan siswa dalam mengerjakan soal pretestt menit (kriteria kurang cepat) dan setelah diberi perlakuan rata-rata waktu yang digunakan dalam mengerjakan soal pretestt 45 menit (kriteria cepat). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara metode jarimatika terhadap kecepatan berhitung siswa kelas II SDIT Mutiara Palabuhanratu

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...