Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektifitas modul 3D Pop Up untuk menanamkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi siswa pada kelas 5 MI. Jenis penelitian yang dipakai adalah Quasi Experimen melalui pendekatan kuantitatif yang pada penerapannya penelitian ini berdasarkan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pengunaan media 3D Pop Up untuk menanamkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi pada siswa. Instrumen perolehan data yangdigunakan yakni menggunakan tes untuk memperoleh data kemeampuan berpikir kreatif dan angket untuk data movasi siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan skor rata-rata dan kategori perolehan skor kemampuan berpikir kreatif dan motivasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi siswa kelas 5 MI Miftahul Ulum I Pademawu mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah guru menggunakan media modul 3d pop up dalam pembelajaran
Copyrights © 2025