Al-Mujahidah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 6 No 2 (2025): Mei-Oktober

EFEKTIVITAS MODUL 3D POP UP UNTUK MENANAMKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI SISWA KELAS 5 MI

Rony Harianto (Unknown)
Khotibul Umam (Unknown)
Nurul Fauziyah (Unknown)
Saskia Narulita (Unknown)
Muqaimatul Badriyah (Unknown)
Wulan Suci Ramadhaniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektifitas modul 3D Pop Up untuk menanamkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi siswa pada kelas 5 MI. Jenis penelitian yang dipakai adalah Quasi Experimen melalui pendekatan kuantitatif yang pada penerapannya penelitian ini berdasarkan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pengunaan media 3D Pop Up untuk menanamkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi pada siswa. Instrumen perolehan data yangdigunakan yakni menggunakan tes untuk memperoleh data kemeampuan berpikir kreatif dan angket untuk data movasi siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan skor rata-rata dan kategori perolehan skor kemampuan berpikir kreatif dan motivasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi siswa kelas 5 MI Miftahul Ulum I Pademawu mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah guru menggunakan media modul 3d pop up dalam pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Al-mujahidah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang infomasi berupa artikel maupun hasil penelitian lapangan. Jurnal ini ...