Al-Mujahidah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 6 No 1 (2025): April

PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 7 LIMBOTO

Lihawa, Sindi S. (Unknown)
Munirah (Unknown)
Zohrawati Hiola (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran IPAS mengunakan metode card sort untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa kelas V di SDN 7 Limboto. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran dikelasnya. Waktu dalam melaksanakan penelitian selama 1 bulan, tempat penelitian SDN 7 Limboto, subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kelas V SDN 7 Limboto, jumlah siswa tahun ajaran 2023-2024 sebanyak 10 siswa yang terdiri dari 3 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia dengan menggunakan metode card sort meningkat. Pada siklus I tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran belum juga tercapai, karena baru 40% siswa yang mendapat nilai diatas rata-rata. Siklus II tingkat penguasaan siswa terhadap pembelajaran sudah tercapai, karena telah mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode card sort dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa kelas V di SDN 7 Limboto.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Al-mujahidah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang infomasi berupa artikel maupun hasil penelitian lapangan. Jurnal ini ...