Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2019): Oktober

MODEL BELAJAR KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mustamiin, M Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2020

Abstract

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah dalam dunia belajar mengajar adalah dengan menerapkan model kelompok belajar kompetitif dalam belajar IPA. Ide utama model kelompok belajar kompetitif adalah siswa berdiskusi dalam kelompok kecil dalam suatu kelas yang terdiri dari beberapa kelompok, diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam aktivitas belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka salah satunya yang kiranya perlu menjadi pencermatan adalah bagaimana usaha guru untuk meningkatkan proses pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penerapan model belajar kelompok  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Kenampakan Alam  dan Buatan di Indonesia pada Mata Pelajaran IPA untuk sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan: adanya peningkatan hasil belajar siswa yakni pada data awal sebelum Penerapan model belajar kelompok di terapkan hasil belajar siswa  mencapai 62,5%. Kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 66,66% dan pada Siklus II meningkat  menjadi 87,5% secara klasikal dinyatakan tuntas.  Kata Kunci: Belajar Kelompok, Prestasi Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...