Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2020): April

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 5 BANYUMULEK KABUPATEN LOMBOK BARAT

Mustamiin, M Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2020

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Banyumulek dengan menerapkan model Problem Based-Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas guru dan siswa diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan guru pada siklus I dan II  menujukkan bahwa, persentasi ketercapaian siswa pada siklus I adalah 53%. Pada siklus II persentasi ketercapaian siswa adalah 80%, sedangkan dari hasil observasi aktivitas terhadap guru pada siklus I dan siklus II  menujukkan bahwa persentasi ketercapaian guru pada siklus I adalah 80%,  dan pada siklus II persentasi ketercapaian guru adalah 100%,  dan hasil evaluasi siswa pada siklus I diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 71.42%, sedangkan pada siklus II diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 89.29%. Sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17.78%, ini menandakan bahwa  dengan penerapan metode Problem Based-Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok pengerjaan hitung bilangan pecahan di kelas V SD Negeri 5 Banyumulek tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Prestasi Belajar, Problem Based Learning 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...