Tujuan yang ingin dicapai didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Banyumulek dengan menerapkan model Problem Based-Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas guru dan siswa diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan guru pada siklus I dan II menujukkan bahwa, persentasi ketercapaian siswa pada siklus I adalah 53%. Pada siklus II persentasi ketercapaian siswa adalah 80%, sedangkan dari hasil observasi aktivitas terhadap guru pada siklus I dan siklus II menujukkan bahwa persentasi ketercapaian guru pada siklus I adalah 80%, dan pada siklus II persentasi ketercapaian guru adalah 100%, dan hasil evaluasi siswa pada siklus I diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 71.42%, sedangkan pada siklus II diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 89.29%. Sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17.78%, ini menandakan bahwa dengan penerapan metode Problem Based-Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok pengerjaan hitung bilangan pecahan di kelas V SD Negeri 5 Banyumulek tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Prestasi Belajar, Problem Based LearningÂ
Copyrights © 2020