Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol. 11 No. 1 (2023): April

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI DEBAT MELALUI PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) PADA SISWA KELAS X-2 SMAN 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Martiningrum, Yuspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2023

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk  menguraikan upaya dan hasil pembelajaran Debat melalui peer teaching (tutor sebaya) pada siswa kelas X-2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif pada proses dan hasil pembelajaran. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran menggunakan  peer teaching (tutor sebaya) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X-2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut terlihat dari persentase aktivitas belajar siswa sebesar 66,67%  pada siklus I dengan kategori cukup aktif, meningkat menjadi 88,89%  pada siklus II dengan kategori sangat aktif. (2) Pembelajaran dengan peer teaching (tutor sebaya) juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2  SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023 pada materi Debat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata hasil belajar siswa yaitu 67,5 pada prasiklus menjadi 78,97 pada siklus I dan 82,47 pada siklus II. Persentase ketuntasan kelasikal meningkat dari 47% pada prasiklus menjadi 72,22% pada siklus I dan 88,89 pada siklus II. Kata kunci : peer teaching, aktivitas, prestasi belajar, pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...