Abstrak Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menguraikan upaya dan hasil pembelajaran Debat melalui peer teaching (tutor sebaya) pada siswa kelas X-2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif pada proses dan hasil pembelajaran. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran menggunakan peer teaching (tutor sebaya) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X-2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut terlihat dari persentase aktivitas belajar siswa sebesar 66,67% pada siklus I dengan kategori cukup aktif, meningkat menjadi 88,89% pada siklus II dengan kategori sangat aktif. (2) Pembelajaran dengan peer teaching (tutor sebaya) juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023 pada materi Debat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata hasil belajar siswa yaitu 67,5 pada prasiklus menjadi 78,97 pada siklus I dan 82,47 pada siklus II. Persentase ketuntasan kelasikal meningkat dari 47% pada prasiklus menjadi 72,22% pada siklus I dan 88,89 pada siklus II. Kata kunci : peer teaching, aktivitas, prestasi belajar, pembelajaran
Copyrights © 2023