Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat
SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 5

PKM Pengembangan Kompetensi Guru melalui Pemanfaatan Aplikasi JeopardyLabs

Sultan, Sultan (Unknown)
Rapi, Muhammad (Unknown)
Basri, Muh. Bahly (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2024

Abstract

Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran dapat membuat proses belajar mengajar menjadi efektif dan efisien. Media pembelajaran memudahkan guru dalam mendapatkan atau menyampaikan informasi (pesan atau isi, materi) pelajaran, dapat membantu peningkatan pemahaman siswa, penyajian informasi lebih menarik atau terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan mendapatkan informasi. Teknologi berperan penting sebagai alat bantu yang efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar adalah JeopardyLabs. JeopardyLabs adalah platform daring yang menyediakan kuis dengan mudah dan variatif. Pelatihan dilaksanakan di SD Negeri No. 28 Inpres Luaor, Majene, Sulawesi Barat. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang. Pengabdian dilaksanakan melalui berbagai tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, pendampingan, dan monitoring evaluasi. Peserta antusias mengikuti pelatihan yang ditunjukkan melalui partisipasi aktif selama pelaksanaan pelatihan, khususnya saat praktik pembuatan kuis. Berbagai fitur JeopardyLabs yang dapat dioptimalkan guru dalam proses belajar mengajar, yaitu: a) kustomisasi permainan, membuat pertanyaan dan kategori sesuai materi pelajaran; b) pengaturan tingkat kesulitan pertanyaan sesuai kemampuan siswa; c) pengaturan waktu dan poin untuk menambah elemen kompetitif; d) mode kelompok, siswa mengembangkan kemampuan kolaborasi; dan e) umpan balik instan, siswa dapat langsung mengetahui jawaban benar-salah. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru mengoperasikan permainan edukatif berbasis aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslpm

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Seluruh artikel dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian tahun 2019 bukan merupakan opini dan pemikiran dari ...