IKRA-ITH ABDIMAS
Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal IKRAITH-ABDIMAS Vol 8 No 2 Juli 2024

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Usaha Homestay di Desa Wisata Cikolelet, Serang, Banten

Dewi Gita Kartika (Unknown)
Dessy Sunarsi (Unknown)
Themotia Titi Widaningsih (Unknown)
Herta Armianti Soemardjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Desa Wisata Cikolelet di Serang, Banten pernah masuk dalam peringkat 50 besar desa wisata terbaik kategori rintisan berdasarkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Dengan segala potensi dan keunikannya, informasi dan promosi melalui media digital masih sangat terbatas terutama untuk usaha akomodasi (homestay). Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Wisata Cikolelet tentang konsep homestay dalam pariwisata berkelanjutan, serta melakukan pelatihan pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi homestay. bisnis. PKM dilaksanakan secara tatap muka dan diikuti oleh 4 (empat) orang pemilik homestay dan 2 (dua) orang perwakilan Pokdarwis. Metode program PKM terdiri dari identifikasi kebutuhan mitra, pendidikan dan pelatihan, serta evaluasi dalam bentuk praktik. Keberhasilan pencapaian program tersebut merupakan terbentuknya akun media sosial Instagram pemilik homestay yang akan digunakan sebagai media promosi. Diharapkan kegiatan ini berkelanjutan dan meningkatkan rangsangan siklus perekonomian di Desa Wisata Cikolelet

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-ABDIMAS

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

This IKRA-ITH Abdimas scientific journal is a Scientific Community Service Journal published by the Institute of Research and Community Service from YAI Persada Indonesia University. This scientific journal is a means of pouring out the ideas and activities of lecturers working in the field of ...