Pada penelitian ini diketahui bahwa selama proses pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika secara umum masih berpusat pada guru, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan juga hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu model pembelajaran untuk mendampingi pembelajaran yang melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dasar listrik dan elektronika dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics and Discovery pada siswa kelas X kelistrikan di SMK Kristen Elfatah Manado. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas eksperimen X Listrik A dengan menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik dan kelas kontrol X Listrik B dengan menggunakan model pembelajaran Discovery. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa siswa yang diberi perlakuan pembelajaran Matematika Realistik mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model penemuan.
Copyrights © 2024