Journal of Education Research
Vol. 5 No. 2 (2024)

Comparison of Basic Learning Outcomes of Electricity and Electronics Using Realistic Mathematics Learning Models And Discovery in Electricity Students of Elfatah Christian Vocational School Manado

Ridwan, Ridwan (Unknown)
Litamahuputty , Novian (Unknown)
Kilis, Billy (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Pada penelitian ini diketahui bahwa selama proses pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika secara umum masih berpusat pada guru, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan juga hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu model pembelajaran untuk mendampingi pembelajaran yang melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dasar listrik dan elektronika dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics and Discovery pada siswa kelas X kelistrikan di SMK Kristen Elfatah Manado. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas eksperimen X Listrik A dengan menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik dan kelas kontrol X Listrik B dengan menggunakan model pembelajaran Discovery. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa siswa yang diberi perlakuan pembelajaran Matematika Realistik mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model penemuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...