Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan karakter WASAKA siswa pada pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi, aktivitas, karakter WASAKA dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Telawang empat Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru Sembilan puluh tujuh persen sangat baik, hasil belajar emosional siswa terbudaya seratus persen, dan hasil belajar psikomotorik siswa Sembilan puluh tujuh persen sangat baik. Sembilan puluh persen keterlibatan siswa masuk dalam kelompok sangat aktif, dan serratus persen motivasi belajarnya masuk dalam kategori sangat tinggi. Disimpulkan bahwa motivasi dan karakter siswa kelas V WASAKA pada materi IPA dapat ditingkatkan dengan penerapan metodologi gabungan STEM PBL dan TPS.
Copyrights © 2024