TEKNOLOGI NUSANTARA
Vol. 6 No. 2 (2024): NOVEMBER 2024

Pengenalan Tabel Periodik Berbasis Game 3d Pada Media Pembelajaran Kimia Mahasiswa Farmasi Studi Kasus Universitas Darussalam Gontor(Unida)

Kurniawan, Widya (Unknown)
Reza Pradhana, Faisal (Unknown)
Salsadila Tafsir, Syakira (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Media pembelajaran termasuk hal yang sangat penting untuk mempermudah aktivitas pembelajaran di dalam kelas maupun belajar mandiri bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bagi mahasiswa farmasi yaitu tabel periodik dari periode 1-8A.Mengingat belum tersedianya media pembelajaran berbasis game 3D yang mendukung pengajaran kimia, khususnya tabel periodik. Berdasarkan analisis kebutuhan, metode System Development Life Cycle (SDLC) digunakan dalam penelitian ini, mulai dari tahap analisis hingga implementasi.Game tersebut dikembangkan menggunakan perangkat lunak Blender 3.5 dan Unreal Engine. Penelitian ini bertujuan untuk menambah media pembelajaran bagi mahasiswa yang mempelajari tabel periodik dan kimia organik melalui pendekatan yang lebih interaktif dan menyenangkan. Dilakukan uji coba atau testing menggunakan metode Black Box agar game dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan desain yang sudah dibuat sebelumnya.Penelitian ini dapat mengembangkan game dengan konten tabel periodik dan juga terdapat halaman quiz yang dapat meninjau kemampuan mahasiswa dengan skor dari menjawab soal pada halaman quiz.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TEKNOLOGINUSANTARA

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

TEKNOLOGI NUSANTARA (TN) is a journal that discusses and publishes updated, trusted and quality research works in the field of Technology. In this journal, discussions about Engineering include Informatics Engineering, Industrial Engineering and Electrical Engineering as well as reviewing matters ...