INVOTEC
Vol 10, No 2 (2014)

PERFORMANCE ASSESSMENT: KAJIAN BAGI EFEKTIVITAS PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU TEKNOLOGI DAN KEJURUAN

Zamtinah, Zamtinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2017

Abstract

Tanpa bermaksud mengesampi ngkan faktor determi nan lain, guru diakui sebagai faktor sentral atas keberhasi lan kual itas pendidi kan, bahkan Davies Ellison (1992) menyebut guru sebagai key person in the classroom. Ol eh sebab itu sangatl ah waj ar j i ka guru dituntut profesional di dalam menjalankan tugasnya, dan untuk mengetahui bagaimana profesionalitas seorang guru perlu dilakukan penilaian yang efektif agar diperoleh hasil yang efektif pula. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana efektivitas Performance Assessment sebagai sarana peningkatan profesional itas guru teknologi dan kej uruan? Bagai mana ci ri-ci ri guru teknol ogi dan kej uruan yang profesional ?. Metode yang di gunakan dal am penul isan arti kel i ni adalah mel al ui kaj i an terhadap hasil studi yang pernah dilakukan, melalui riset kepustakaan, dan anal isis kritis terhadap konsep­konsep Performance Assessment, dan mengkaji kriteria guru yang professional. Hasil kajian menunj ukkan bahwa Performance Assessment secara konseptual mampu meni ngkatkan profesional itas guru teknol ogi dan kej uruan. Hal i ni disebabkan karena Performance Assessmentdianggap l ebi h otenti k, peni laiannya l ebih mencermi nkan kemampuan yang sebenarnya. Kaj ian i ni j uga mampu mendiskri psi kan bagai mana kri teri a guru teknol ogi dan kej uruan yang professional.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

invotec

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Electrical & Electronics Engineering Energy

Description

INVOTEC Merupakan jurnal bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan yang terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus. INVOTEC memuat hasil penelitian bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dengan kontributor dari Dosen, Guru, Mahasiswa dan Praktisi yang relevan. INVOTEC ...