Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 20, No 2 (2023)

Model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah menengah kejuruan

Fathurrahman, Fathurrahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  di SMK Hisba Buana Semarang merupakan model pembelajaran yang berdasarkan pada pemahaman karakteristik dan komponen pendekatan kontekstual yang diharapkan dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan ketrampilan baru ketika siswa belajar di kelas. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, tentang konsep, pelaksanaan, faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat, dan bagaimana cara-cara yang ditempuh dalam pelaksanaan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI di SMK Hisba Buana Semarang. Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi; data yang telah didapat kemudian dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep model pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas. 2) Pelaksanaan model pembelajaran kontekstual dilakukan dengan beberapa komponen CTL, yaitu: kontruktivisme, inquiry, dan questioning. 3) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam model pembelajaran kontekstual meliputi pengelolaan kelas yang baik, materi pelajaran berpeluang bagi siswa untuk menganalisisnya lebih jauh; sedang faktor yang menjadi penghambat yaitu: kekurangsiapan guru, terbatasnya sarana dan prasarana sekolah. 4) Cara yang ditempuh untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI di SMK Hisba Buana Semarang adalah guru lebih mendalami pentingnya penggunaan model pembelajaran ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPIT

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as ...