IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol. 8 No. 2 (2025): IKRAITH-EKONOMIKA Vol 8 No 2 Juli 2025

PENGARUH FOMO DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING SAAT LIVE STREAMING PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP DI KOTA BINJAI

Athanya, Najwa (Unknown)
Harahap, Lokot Muda (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mejelaskan Pengaruh FOMO dan SalesPromotion Terhadap Impulse Buying Saat Live Streaming Pada Pengguna TikTok Shop diKota Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna TikTok Shop di Kota Binjaidengan jumlah sampel 130 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data untukpenelitian ini adalah menggunakan observasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis datayang digunakan adalah model regresi linier berganda dan pengujian hipotesis uji t, uji f,dan koefisien determinasi yang sebelumnya data telah diuji menggunakan uji validitas, ujireliabilitas dan asumsi klasik, penelitian ini menggunakan SPSS 25.0 for window untukmengolah data tersebut.Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa 1) FOMOberpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, 2) Sales Promotionberpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying. Hasil analisis Adjusted RSquare 0,345 (34,5%) menyatakan bahwa FOMO dan Sales Promotion bersama-samamempengaruhi Impulse Buying. Hasil FOMO (X1) (koefisien: 0,383) dan Sales Promotion(X2) (koefisien: 0,399) secara positif dan signifikan mempengaruhi Impulse Buying (Y)Dapat disimpulkan dari analisis tersebut bahwa Impulse Buying Saat Live Streaming PadaPengguna TikTok Shop di Kota Binjai dipengaruhi oleh FOMO dan Sales Promotion

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...