Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis komparatif yang bertujuan untuk membandingkan kemampuan penyajian data pada dua kelas yang berbeda sehingga dapat dilakukan analisis untuk mengatasi kendala-kendala yang muncul. Terdapat dua kelas pada Prodi Psikologi dari dua angkatan yang berbeda. Kelas tersebut adalah kelas angkatan 2022 dan kelas angkatan 2023. Mahasiswa pada kelas tersebut mengerjakan tugas penyajian data dengan tabel frekuensi bergolong. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan kemampuan penyajian data pada kelas psikologi angkatan 2022 dan angkatan 2023. Uji normalitas dilakukan terlebih dahulu dan menunjukkan bahwa data dari kedua kelas tidak berdistribusi normal. Data yang tidak normal maka harus dilakukan uji non parametris. Hasil dari penelitian komparatif adalah tidak adanya perbedaan antara kemampuan menyajikan data pada kedua kelas tersebut. Berdasarkan hasil uji statistik non parametris menggunakan uji Tanda (sign-Tets), nilai signifikansi sebesar 0,472 lebih kecil dari 0,005. Hasil ini menyatakan bahwa tidak adanya perbedaan kemampuan penyajian data dalam tabel distribusi frekuensi pada kedua kelas tersebut.
Copyrights © 2024