Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka
Vol. 4 No. 2 (2025): Bulan November

Pelatihan Digital Marketing dan Branding Produk UMKM untuk Penguatan Ekonomi Kreatif Lokal di Desa Selebung Kabupaten Lombok Tengah

Oktiani, Asri (Unknown)
Maryanti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha Mikro, kecil dan menengah (UMKM) Desa Selebung dalam memanfaatkan pemasaran digital serta memperkuat branding produk sebagai Upaya pengembangan ekonomi kreatif lokal. Hasil analisis situasi menunjukkan bahwa sebagian besar pelaku UMKM masih menggunakan sistem pemasaran konvensional dan belum memahami pentingnya identitas merek dalam meningkatkan daya saing produk. Permasalahan ini berdampak pada terbatasnya jangkauan pasar dan rendahnya nilai jual produk lokal. Sebagai solusi, kegiatan ini menerapkan pendekatan partisipatif melalui pelatihan digital marketing dan branding produk, yang mencakup tiga tahapan utama: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan interaktif dan praktik langsung menggunakan aplikasi Canva dan media sosial bisnis seperti Instagram dan Facebook. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta sebesar 78%, dengan 88% peserta berhasil membuat akun bisnis aktif dan 72% mampu mendesain ulang logo serta kemasan produk mereka. Selain itu, terbentuk komunitas “UMKM Digital Desa Selebung” sebagai wadah kolaborasi dan promosi bersama antar pelaku usaha. Kegiatan ini menunjukkan bahwa penerapan IPTEKS melalui pelatihan digital marketing dan branding produk efektif dalam meningkatkan kapasitas dan kemandirian UMKM, sekaligus memperkuat pengembangan ekonomi kreatif berbasis potensi lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB) published 4 (Four) times a year (February, July, September, November), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural ...