Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02` (2025): Volume 10 No. 2 Juni 2024 In Built

PEMANFAATAN STELLARIUM DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 3 SEMPU

Amelia Fiska Fajar Cahyani (Unknown)
Fitriatul Aulia Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Pendidikan adalah aspek utama yang menciptakan kepribadian seseorang dan dianggap sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka menghasilkan manusia yang berilmu, beriman, dan berakhlakul karimah. Untuk menjalani pendidikan, minat belajar adalah hal yang penting dan dapat mempengaruhiproses pendidikan. Oleh karena itu, jika siswa kekurangan minat belajar, maka merekaakan kehilangam motivasi untuk belajar IPA, yang dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Minat belajar dari peserta didik di SMPN 3 Sempu ini sangatlah kurang,begitu juga dengan aspek sikap siswa terhadap pembelajaran yang sedang berlangsungdikelas. Tujuan dari penelitian ini adalah diharapkan peserta didik dapat memahami penggunaan Software Stellarium dan minat belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu Sumber data diperoleh dari hasil angket yangtelah diberikan kepada siswa kelas 7 SMPN 3 Sempu. Data dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan observasi dan penelitian diperoleh hasil yaitu sebanyak 88,9% siswa menyukai pembelajaran menggunakan software Stellarium. 77,8% siswa mudah menavigasi dan menggunakan software Stellarium. 81,5% siswa mudah memahami materi dengan menggunakan software Stellarium. Selama kegiatan pembelajaran IPA materi Fisika memanfaatkan media Software Stellarium mampu menarik perhatian siswa dalam belajar. Selain itu siswa juga lebih tertarik untuk mempelajari astronomi dengan menggunakan mediapembelajaran Software Stellarium. Oleh karena itu, Software Stellarium secara signifikan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...