Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa dan kurangnya inovasi yang digunakan guru dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model PJBL berbasis etnomatematika tanean lanjhang terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa yang rendah. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 27 siswa dengan menggunakan Teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis hasil observasi, angket, dan wawancara.Teknik analisis inferensial digunakan untuk menganalisis hasil tes kemampuan literasi-numerasi dengan menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dengan teknik Shapiro Wilk, yang kemudian diuji dengan uji-t paired sample t test untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengguanaan model pembelajaran PJBL berbasis etnomatematika tanean lanjhang terhadap kemampuan literasi-numerasi siswa kelas IV.
Copyrights © 2024