Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09, Nomor 04, Desember 2024

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL (PSE) DALAM DOMAIN PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK: -

Nur Cholis (Unknown)
Wasino (Unknown)
Tri Joko Raharjo (Unknown)
Sri Sumartiningsih (Unknown)
Agus Yuwono (Unknown)
Andreanna Kusuma Wardhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) telah menjadi elemen penting dalam pendidikan, karena dengan adanya keterampilan sosial dan emosional merupakan kunci pokok bagi kesuksesan siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan PSE dalam domain pendidikan khususnya motivasi peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber dari buku, jurnal yang tercantum di Google Scholar dan Sciencedirect yang diterbitkan dari tahun 2021 sampai dengan 2024. Didapat total artikel sebanyak 443.868. Berdasarkan panduan PRISMA 2021 terdapat 14 artikel dipertimbangkan untuk tinjauan mendalam. Limitasi pada kajian yang dipilih terhadap penelitian yang menerbitkan jurnal peer reviewed menunjukkan bahwa implementasi PSE memiliki dampak positif terhadap peningkatan motivasi peserta didik, yang terlihat dalam peningkatan keterlibatan akademis, keterampilan sosial, dan kesejahteraan psikologis. Implementasi PSE juga berkorelasi dengan peningkatan prestasi sekolah. Namun, terdapat tantangan dalam implementasi PSE, termasuk minimnya sumber daya dan kebutuhan akan pelatihan guru yang lebih intens. Jadi dapat disimpulkan bahwa PSE merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan motivasi peserta didik dan perlu diintegrasikan secara lebih luas dalam sistem pendidikan Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...