Penerapan kurikulum 2013 lebih mendidik siswa untuk melakukan pengamatan/observasi, bertanya dan bernalar terhadap ilmu yang diajarkan. Siswa diberi pelajaran berdasarkan tema yang terintegrasi agar memiliki pengetahuan tentang lingkungan, kehidupan, dan memiliki pondasi pribadi tangguh dalam kehidupan sosial serta kreativitas yang lebih baik. Pembelajaran merupakan sebuah proses yang mampu mengkondisikan peserta didik meraih atau memperoleh sejumlah pengalaman belajar yang berupa pengetahuan, keterampilan, sosial, dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Akuntansi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hampir setiap orang pernah mengaplikasikan ilmu akuntansi dalam kehidupan sehari -hari, seperti bagaimana caranya mengatur uang jajan agar bisa cukup untuk jangka waktu tertentu atau bagaimana caranya uang belanja bisa teralokasikan sesuai dengan kebutuhan belanja yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penerapan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran akuntansi di MA Al Manshuriyah Kota Sukabumi. Responden adalah guru yang mengajar di MA Al Manshuriyah Kota Sukabumi. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi. Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh penerapan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran dihasilkan oleh: a) kegiatan pembelajaran dirancang oleh guru sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan secara profesional, b) kegiatan belajar diselenggarakan untuk beberapa kegiatan yaitu pengenalan, kegiatan utama, dan penutup. Kegiatan utama dibagi menjadi tiga langkah (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi) yang diwujudkan dalam mengamati, mempertanyakan, mengumpulkan data, mengaitkan, dan berkomunikasi.
Copyrights © 2023