Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA QUIZIZZ

Muhammad Dorsata Suaka Pamungkas (Unknown)
Wiwin Fachrudin Yusuf (Unknown)
Achmad Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi pembelajaran berbasis teknologi dengan menggunakan media Quizizz di MIN 2 Kota Pasuruan. Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan Quizizz terhadap motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, serta efektivitas implementasi Quizizz sebagai media pembelajaran inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz secara signifikan meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Elemen-elemen seperti leaderboard, umpan balik instan, dan fitur permainan membuat pembelajaran lebih menarik dan kompetitif. Peserta didik merasa lebih termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, implementasi Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman materi, mempermudah evaluasi pembelajaran, dan menciptakan pengalaman belajar berbasis teknologi yang menarik. Meskipun demikian, penelitian ini juga menyoroti tantangan seperti ketergantungan pada koneksi internet dan keterbatasan perangkat. Secara keseluruhan, Quizizz memiliki potensi besar untuk mengubah cara pembelajaran, namun implementasinya memerlukan perencanaan yang matang dan pemanfaatan teknologi yang optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...