Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan rendahnya minat belajar peserta didik yang terjadi di kelas VIII.1 SMP Negeri 26 Palembang, sebagaimana teridentifikasi melalui hasil observasi dan angket minat belajar pada tahap pra siklus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan media pembelajaran interaktif sebagai alternatif yang tepat, yaitu melalui penggunaan media Educaplay dalam mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator yang digunakan untuk mengukur minat belajar peserta didik mencakup aspek perasaan senang, minat, perhatian, dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini melibatkan 35 peserta didik sebagai subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Educaplay mampu meningkatkan minat belajar. Hal ini terlihat dari hasil angket pada siklus 1 dengan persentase sebesar 77,57%, yang tergolong dalam kategori baik, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 81,06%, yang juga termasuk kategori baik. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Educaplay efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas VIII.1 SMP Negeri 26 Palembang.
Copyrights © 2025