Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)  DENGAN TEMA KEBHINEKAAN DI SEKOLAH DASAR 

Metravia, Monika (Unknown)
Mahmud Yunus (Unknown)
Amalya Cantika Sarie (Unknown)
Shafa Adinda Rayhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan multikultural melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kebhinekaan di sekolah dasar sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka. Pendidikan multikultural penting diterapkan sejak dini agar peserta didik dapat menghargai perbedaan budaya, agama, bahasa, dan latar belakang sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan P5, seperti peragaan busana adat, permainan tradisional, dan pertunjukan seni budaya, mampu menumbuhkan sikap toleransi, kerja sama, dan rasa bangga terhadap keberagaman. Meskipun terdapat tantangan seperti kurangnya partisipasi orang tua dan kebutuhan khusus peserta didik, pihak sekolah mampu mengatasinya melalui pendekatan yang komunikatif dan inklusif. Secara keseluruhan, pelaksanaan P5 dengan tema Kebhinekaan terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila secara kontekstual dan membentuk karakter siswa yang menghargai perbedaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...