Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV di SD Negeri Krikilan 1 Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2024/2025, serta mengidentifikasi kendala yang dialami guru dalam penerapannya. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini, diperoleh dengan melakukan kegiatan wawancara yang dilakukan terhadap informan, yaitu guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan problem based learning dalam pembelajaran IPAS telah dilaksanakan di kelas IV dengan menyajikan masalah kepada siswa yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, selanjutnya siswa diarahkan untuk memecahkan masalah tersebut secara individu maupun berkelompok. (2) Terdapat kendala dalam penerapan problem based learning, yang menjadi penghambat yaitu beberapa siswa masih belum bisa kondusif dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan siswa tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena factor kurangnya media pembelajaran yang menarik untuk membangun semangat siswa.
Copyrights © 2025