Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS, khususnya pada materi keanekaragaman hayati, menjadi salah satu tantangan yang dihadapi di kelas 4A SDN 4 Megugede. Proses pembelajaran yang masih bersifat satu arah menyebabkan peserta didik memiliki keterbatasan dalam berpikir kritis dan mengeksplorasi materi secara lebih mendalam. Untuk mengatasi kondisi tersebut, diperlukan media pembelajaran yang dapat mendorong keterlibatan aktif mereka dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran flash card sebagai alat bantu dalam memahami konsep keanekaragaman hayati. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam capaian belajar peserta didik. Ketuntasan belajar meningkat dari 50% pada prasiklus menjadi 96% pada siklus II, menunjukkan efektivitas penggunaan flash card dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, strategi ini direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025