Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Press

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 4 AMPENAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Cahyani, Indah Rizki (Unknown)
Sobri, Muhammad (Unknown)
Prayogi Dwina Angga (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Dibutuhkan model pembelajaran interaktif yang dapat mendorong partisipasi aktif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap kemampuan berpikir kritis peseta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 4 Ampenan tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan ialah pre-eksperimen tipe one group pre-test post- test. Populasi dari kelas IV SDN 4 Ampenan yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 4 Ampenan Tahun Ajaran 2024/2025. Model pembelajaran inside outside circle dapat dijadikan strategi efektif dalam pembelajaran IPAS yang lebih interaktif dan bermakna, karena terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui diskusi berpasangan yang mendorong keterlibatan aktif peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...