Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

Analisis Faktor Penghambat dalam Upaya Meningkatkan Literasi Membaca pada Siswa Kelas II Di Sekolah Dasar Negeri 03 Bengkayang

Shinta, Sovia Shinta (Unknown)
Siprianus Jewarut (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Penelitian kualitatif untuk memberikan gambaran luas tentang faktor yang menghambat kemampuan siswa dalam menerapkan literasi membaca. Literasi adalah kemampuan untuk membaca dan menulis serta berbicara, menyimak, memahami, dan berpikir kritis.Membaca adalah jendela dunia kita dapat memperoleh banyak pengetahuan dan wawasan dengan membaca.Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, keterampilan membaca adalah hal yang sangat penting untuk dibangun sejak dini. Namun demikian, minat baca, terutama di kalangan siswa Sekolah Dasar, masih rendah di Indonesia. Ini menjadi perhatian dan tantangan yang akan berdampak pada hasil belajar dan prestasi akademik siswa. Ada sejumlah alasan untuk hal ini, seperti kurangnya dukungan dari keluarga dan teman, lebih banyak fokus pada bermain game online atau perangkat elektronik, kurangnya sarana dan prasarana, minat dan motivasi pribadi yang kuat, dan dukungan dari sekolah sendiri.Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca siswanya. Salah satunya adalah penerapan budaya literasi, atau Gerakan Literasi Sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...