Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar

Ramadhani, Tasya (Unknown)
Anisah (Unknown)
Tatu Helsa Aulia (Unknown)
Saskia Dwi Anastasya (Unknown)
Sofyan Iskandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Pentingnya penggunaan media digital dalam evaluasi pembelajaran di sekolahdasar tidak hanya meningkatkan efektivitas proses evaluasi, tetapi juga membantusiswa memperoleh keterampilan yang relevan dengan perkembangan zaman.Meskipun demikian masih banyak guru yang menghadapi kesulitan untukmenggunakan media digital dengan baik. Kondisi ini disebabkan oleh keterbatasankemampuan guru, masalah infrastruktur, dan kurangnya literasi digital guru dansiswa yang menjadi Kendala utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisefektivitas penggunaan media digital dalam evaluasi pembelajaran di sekolahdasar. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR).Data dikumpulkan melalui Artikel yang telah direview dan dianalisis. Hasil penelitianini menunjukan bahwa penggunaan media digital dalam evaluasi pembelajaran disekolah dasar efektif meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar siswa melaluimetode yang lebih interaktif dan personalisasi pembelajaran. Meskipun terdapattantangan seperti kesenjangan akses teknologi dan kompetensi digital guru, mediadigital tetap memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap kualitas evaluasipembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...