Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

KEMAMPUAN MURID MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Muhammad, Shafiati (Unknown)
Dewi Yuli Trisnawati (Unknown)
Sanita Sulistiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan murid dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 24 Pontianak Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 70 murid, dengan enam murid dipilih secara acak untuk diwawancarai berdasarkan tingkat kemampuan matematika rentang tinggi ke rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk soal cerita dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai murid dalam menyelesaikan soal cerita adalah 55,60, yang mengindikasikan bahwa kemampuan mereka masih tergolong rendah. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa kesulitan utama yang dialami murid mencakup memahami soal, merencanakan strategi penyelesaian, melaksanakan perhitungan dengan benar, serta memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. Murid dengan kemampuan matematika tinggi cenderung lebih sistematis dalam menyelesaikan soal, sedangkan murid dengan kemampuan rendah sering mengalami kesalahan dalam memahami soal dan menerapkan rumus yang tepat. Penelitian kemampuan murid menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian soal cerita matematika, seperti penggunaan metode pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah dan bimbingan lebih intensif dalam memahami konsep dasar matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...