Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IVB SDN 09 Cipinang Besar Utara Jakarta. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih konvensional dan kurang melibatkan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berkhasiat dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 72,03 sebelum penerapan menjadi 89,67 setelah penerapan model TGT. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 38,7% menjadi 91%. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa 94% siswa merasa senang terhadap pembelajaran dengan menggunakan model TGT. Dengan demikian, model pembelajaran TGT terbukti mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025