Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Progres

Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Kantong Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Bantar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila: PTK

Putri, Putriassani2212 (Unknown)
Agung Nugroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang dari rendahnya nilai motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila melalui model Problem Based Learning berbantuan media papan kantong. Jenis penelitian ini ialah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ialah siswa kelas IV SD Negeri 2 Bantar berjumlah 20 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap pelaksanaan siklus terdapat 2 kali pertemuan, 1 kali pertemuan memiliki waktu 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan masing-masing siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data didapatkan melalui lembar observasi guru serta lembar aktivitas siswa, untuk mengetahui motivasi belajar siswa menggunakan angket. Motivasi belajar dilaksanakan disetiap masing-masing akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian motivasi belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata persentase 73% kriteria baik dan siklus II diperoleh rata-rata persentase 82% kriteria baik, dengan demikian kesimpulannya model Problem Based Learning berbantuan media papan kantong bisa meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV SD Negeri 2 Bantar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...