Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SDN 06 BELANGKO

alan (Unknown)
Siprianus Jewarut (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi kelas yang melibatkan lima siswa dan satu guru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran penemuan. Siswa melaporkan menjadi lebih aktif, lebih baik dalam memahami materi, dan lebih antusias dalam mempelajari bahasa Indonesia. Selain itu, keterampilan bahasa mereka, terutama dalam pemahaman bacaan, menunjukkan perkembangan yang signifikan. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti kurangnya antusiasme di antara siswa tertentu dan terbatasnya partisipasi aktif selama pelajaran. Meskipun demikian, bimbingan guru yang konsisten dan persiapan materi pembelajaran yang matang memainkan peran penting dalam penerapan model yang efektif. Sebagai kesimpulan, model pembelajaran penemuan telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan kemahiran berbahasa dalam pengajaran bahasa Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...