Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN RAJAPOLAH

nadila-123_windiana (Unknown)
Hamdu, Ghullam (Unknown)
Giyartini, Rosarina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis penerapan pembelajaran berbasis etnosains di Sekolah Dasar dengan mengintegrasikan kerajinan anyaman Rajapolah dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana pengetahuan budaya lokal dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di SDN 2 Manggungjaya dan SDN 4 Manggungjaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnosains meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dengan menjadikan sains lebih kontekstual dan bermakna. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan bahan ajar inovatif yang tidak hanya meningkatkan pembelajaran IPA, tetapi juga mendukung pelestarian budaya lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...