Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS BUDAYA DAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS V B SDN KUTOWINANGUN 01

azizah, nur azizah (Unknown)
Adi Winanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik di kelas V B SDN Kutowinangun 01. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V B SD Negeri Kutowinangun 01 Salatiga yang berjumlah 23 orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Analisis data dilakukan melalui deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana untuk menggambarkan proses pembelajaran dari hasil observasi dan angket keterampilan kolaborasi dan komunikasi pada setiap siklus. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dalam pembelajaran IPAS pada topik Indonesiaku Kaya Raya. Menunjukkan peningkatan yang nyata dari para siklus ke sikus 2. Rata-rata keterampilan kolaborasi adalah 83,04% dan komunikasi 82, 06% sudah melampaui keberhasilan dari penelitian ini yaitu 80%. Hal ini diperkuat dengandata angket keterampilan kolaborasi 81% dan angket keterampilan komunikasi 80,70%. Model pembelajaran Teams Games Tournamen berbasis budaya dan berdiferensiasi dengan mengintegrasikan materi dengan pengalaman budaya permainan tradisional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...