Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN MELALUI EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SDN SENDANGGUWO 01 SEMARANG

Kuncoro Bayu Utomo (Unknown)
Rofian (Unknown)
Riris Setyo Sundari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler karawitan serta penanaman nilai karakter disiplin pada siswa di SDN Sendangguwo 01 Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan triangulasi sumber untuk keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler karawitan di sekolah ini berjalan secara terstruktur melalui tiga komponen utama: pendahuluan, inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan, dilakukan perencanaan matang, penyampaian jadwal, aturan, serta pemberian motivasi. Tahap inti berfokus pada pembelajaran teknik instrumen secara langsung dan pemberian kesempatan siswa untuk mempraktikkan kemampuannya. Tahap penutup melibatkan evaluasi, refleksi, dan umpan balik terhadap proses latihan. Penanaman nilai disiplin tercermin melalui kebiasaan datang tepat waktu, kepatuhan terhadap tata tertib, serta pembiasaan menyelesaikan tugas yang diberikan secara tepat waktu. Kegiatan ekstrakurikuler karawitan terbukti efektif sebagai media pembentukan karakter disiplin siswa melalui pengalaman langsung, pembiasaan, dan keteladanan dalam lingkungan sosial sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...