Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA DEPOK (STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF)

Rahayu Ningsih, Sri (Unknown)
Paulus Suhendro Mbette , Petrus (Unknown)
Putra, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Kebayunan, Kota Depok, untuk memahami pelaksanaan tahapan: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran, serta mengidentifikasi kendala dan solusi kontekstual. Metodologi kualitatif dengan desain studi kasus tunggal diterapkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GLS di SD Negeri Kebayunan berjalan terstruktur, meskipun masih perlu penguatan pada ketersediaan bahan bacaan, variasi umpan balik, dan strategi peningkatan minat baca siswa. Peningkatan efektivitas literasi dapat dicapai melalui pengayaan bahan bacaan, pemanfaatan media digital, lomba berkala, aplikasi pendukung, serta kolaborasi dengan Dinas Pendidikan untuk membangun ekosistem literasi yang inklusif dan yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...