Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, DUKUNGAN ORANG TUA, FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MTsN 4 PASAMAN: Penelitian Deskriptif

Elisa, Nofria (Unknown)
Amaluis, Dina (Unknown)
Stevani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kemandirian belajar, Dukungan orang tua dan Fasilitas belajar terhadap disiplin belajar, Mengetahui Pengaruh kemandirian belajar, Dukungna orang tua, Fasilitas belajar dan Disiplin belajar terhadap motivasi belajar, Mengetahui Pengaruh kemandirian, Dukungan orang tua, Fasilitas belajar, Disiplin belajar dan Motivasi belajar belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN 4 Pasaman yang berjumlah 177 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan digunakan uji analisis jalur dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F dan uji bertingkat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap disiplin belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,358 nilai thitung sebesar 4,658 >ttabel 1,658, 2) Terdapat pengaruh dukungan orang tua terhadap disiplin belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,184 nilai thitung sebesar 1,770 >ttabel 1,658, 3) Terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap disiplin belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,332 nilai thitung sebesar 3,274 >ttabel 1,658, 4) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,457 nilai thitung sebesar 5,799 >ttabel 1,658, 5) Tidak terdapat pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,004 nilai thitung sebesar 0,044 <ttabel 1,658, 6) Tidak terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,152 nilai thitung sebesar 1,529 <ttabel 1,658 7) Terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,288 nilai thitung sebesar 3,324 >ttabel 1,658 8) Tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,131 nilai thitung sebesar 0,931 <ttabel 1,658, 9) Terdapat pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,411 nilai thitung sebesar 2,646 >ttabel 1,658, 10) Tidak terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,049 nilai thitung sebesar 0,312 <ttabel 1,658, 11) Tidak terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar -0,090 nilai thitung sebesar 0,635 <ttabel 1,658, 12) Terdapat pengaruh motivasi belajar tehadap prestasi belajar dengan nilai koefisien jalur sebesar -0,351 nilai thitung sebesar -2,421 >ttabel 1,658.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...