Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 2 (2025): Volume10 Nomor 2, Juni 2025

RANCANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GURU UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DI SD KATOLIK SANTO ALOYSIUS

Muhammad Nur Abdullah (Unknown)
Rahmat Darmawan (Unknown)
Andhika Adisatya Elsanto (Unknown)
Muh. Rizah Putrawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pembelajaran yang efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di SD Katolik Santo Aloysius. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara terhadap guru-guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif meliputi keberagaman karakteristik siswa, perilaku yang sulit dikendalikan, serta keberadaan anak berkebutuhan khusus (ABK). Strategi yang dirancang mencakup pembelajaran berdiferensiasi, pendekatan inklusif, serta penggunaan metode dan media pembelajaran yang relevan. Selain itu, dukungan dari sekolah, supervisi pendidikan, serta hubungan kolaboratif antara guru, siswa, dan orang tua turut menjadi faktor pendukung yang signifikan. Diharapkan strategi ini mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan motivasi siswa, serta mewujudkan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...