Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI KALIWEDI 2 KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2024/2025

Annastasya Nuarizki Berliana (Unknown)
Moefty Mahendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project-Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan belajar mata pelajaran PPKn pada siswa kelas 1 SD Negeri Kaliwedi 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan PjBL meliputi tahap pertanyaan mendasar, perencanaan proyek, pelaksanaan proyek, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL mampu mendorong siswa untuk lebih aktif, bertanggung jawab, dan mampu bekerja sama selama proses pembelajaran. Kegiatan belajar menjadi lebih bermakna karena siswa dilibatkan secara langsung dalam pembuatan proyek kelompok yang berkaitan dengan kehidupan nyata seperti aturan di rumah dan di sekolah. Siswa menunjukkan peningkatan antusiasme, kemandirian, berpikir kritis, serta keterampilan kolaborasi yang berkembang selama proses berlangsung. Temuan ini mengindikasikan bahwa model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar sekaligus keterampilan belajar siswa sekolah dasar pada jenjang awal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...