Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

MANAJEMEN KELAS DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI SEKECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG: MANAJEMEN KELAS DAN PROFESIONALISME GURU

Indah Lestari (Unknown)
Bukman Lian, Djunaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa (1) Pengaruh manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Se Kecamatan Gandus Palembang. (2) Pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Se Kecamatan Gandus Palembang. (3). Pengaruh manajemen kelas dan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Se Kecamatan Gandus Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Gandus Kota Palembang, dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 107 orang guru di Sekolah Dasar ne$ge$ri di Kecamatan Gandus. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas konstruks, sedangkan uji realibilitas menggunakan Cronbach‘s Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, Uji Heteroskedastisitas, dan Uji Multikolienaritas, serta data di analisis menggunakan teknik regresi linear berganda, korelasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar di Kecamatan Gandus, Palembang. (2) Profesionalisme guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar di Kecamatan Gandus, Palembang. (3). Pengelolaan kelas dan profesionalisme guru secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar di Kecamatan Gandus, Palembang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...