Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 3 (2025): Volume 10 No3 September, 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA IPAS MATERI STRUKTUR LAPISAN BUMI KELAS V DI SD NEGERI 2 BALEREJO

Niti Cahyaning Tias (Unknown)
Nurna Listya Purnamasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Konsep IPAS seringkali sulit dicapai oleh peserta didik dikarenakan sering melibatkan konsep-konsep abstrak sehingga memerlukan media yang mampu memberikan visualisasi menarik dan terlihat nyata. Media yang mampu menampilkan visualisasi menarik dan terlihat nyata salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sekolah yang masih minim penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan masih mengandalkan media pembelajaran tradisional seperti buku maupun gambar 2D. Selain itu, belum tersedia media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan konsep IPAS secara nyata dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Big Flashcard berbasis Augmented Reality (AR) pada IPAS Materi Struktur Lapisan Bumi Kelas V serta memahami tingkat kevalidan dan keterterapan media pembelajaran Big Flahcard berbasis Augmented Reality (AR) pada IPAS Materi Struktur Lapisan Bumi kelas V. Dalam penelitian ini, model ADDIE digunakan sebagai metode penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan-tahapan tersebut terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan 94% dengan kriteria sangat valid, sedangkan ahli media mendapatkan 90% dengan kriteria sangat valid. Media pembelajaran Big Flashcard berbasis Augmented Reality (AR) pada IPAS Materi Struktur Lapisan Bumi dapat digunakan di kelas V SD Negeri 2 Balerejo. Kata Kunci: IPAS, Media Pembelajaran, Flashcard, Augmented Reality (AR)

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...