Penelitian ini dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V di SDN 20 Selayo dengan cara yang lebih menyenangkan, yaitu melalui permainan kata interaktif. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas, ditemukan bahwa banyak siswa memiliki tingkat kemampuan literasi yang rendah serta motivasi belajar yang kurang. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya semangat belajar, yang dipengaruhi oleh kebijakan kurikulum yang tidak lagi mendorong persaingan antar siswa maupun sistem tinggal kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa permainan kata yang melibatkan siswa secara langsung mampu membuat suasana belajar jadi lebih hidup dan menarik. Siswa menjadi lebih antusias, aktif, dan lebih mudah memahami kosakata serta isi bacaan. Permainan kata interaktif terbukti bisa menjadi salah satu cara sederhana namun efektif untuk mendorong minat baca dan kemampuan literasi mereka.
Copyrights © 2025