Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

Penggunaan Permainan Kata Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas 5 di SDN 20 Selayo

soleha, dinda (Unknown)
Emilia Putri Yelida (Unknown)
Harfiz Ramadhan (Unknown)
Fatiya Salsabila Khairani (Unknown)
Dina Dahliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V di SDN 20 Selayo dengan cara yang lebih menyenangkan, yaitu melalui permainan kata interaktif. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas, ditemukan bahwa banyak siswa memiliki tingkat kemampuan literasi yang rendah serta motivasi belajar yang kurang. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya semangat belajar, yang dipengaruhi oleh kebijakan kurikulum yang tidak lagi mendorong persaingan antar siswa maupun sistem tinggal kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa permainan kata yang melibatkan siswa secara langsung mampu membuat suasana belajar jadi lebih hidup dan menarik. Siswa menjadi lebih antusias, aktif, dan lebih mudah memahami kosakata serta isi bacaan. Permainan kata interaktif terbukti bisa menjadi salah satu cara sederhana namun efektif untuk mendorong minat baca dan kemampuan literasi mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...