Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1) Pengaruh kompetensi pedagogik terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang; (2) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang; (3) Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif sebab akibat. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tanah Abang dengan responden 60 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas konstruks sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji linieritas, serta data dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang sebesar 71,5%; (2) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang sebesar 82,9%; (3) ada pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang sebesar 87,1%.
Copyrights © 2025