Hasil belajar matematika peserta didik tingkat SMP masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah belum optimalnya penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kesiapan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terdiferensiasi dengan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental tipe non-equivalent control group design . Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling , sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen (7.6) dan kelas kontrol (7.7), masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar pada materi Aritmetika Sosial. Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test . Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,0045 dengan α = 0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan pembelajaran terdiferensiasi dengan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian, strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kesiapan belajar peserta didik terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika di tingkat SMP
Copyrights © 2025