Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

The PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI RAGAM BENTANG ALAM DI INDONESIA KELAS 3 SEKOLAH DASAR: Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi), Kesimpulan, Daftar Pustaka

Sekar Apriliani (Unknown)
M. Yusuf Setya Wardana (Unknown)
Henry Januar Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa akibat kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru di kelas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media yang menarik, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan ular tangga pada mata pelajaran IPAS dengan materi Ragam Bentang Alam di Indonesia untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba adalah peserta didik kelas 3 SDN 02 Srinahan yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara guru kelas 3, serta angket yang diberikan kepada guru, siswa, dan ahli untuk menilai kebutuhan, validitas, dan respon terhadap media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor 95% dan hasil validasi oleh ahli media mencapai 92%, keduanya berada dalam kategori “sangat baik”. Selain itu, hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini memperoleh respon positif dari siswa sebesar 92% yang termasuk kategori “sangat baik”, dan respon guru sebesar 98% yang juga dikategorikan “sangat baik”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga terbukti valid dan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami bagi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...