Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

Digital Vs. Manual : Perbandingan Pengaruh Heyzine dan Pop Up Book dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.

Auliya Mahpilinda (Unknown)
Wawan Syahiril Anwar (Unknown)
Annisa Nurramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Media pembelajaran merupakan aspek penting untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media proyeksi Heyzine dan non proyeksi Pop Up Book pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah eksperimen komparatif dengan melibatkan 57 siswa kelas V di salah satu SD Negeri di Kabupaten Bogor tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest (30 soal), dan observasi selama pembelajaran. Analisis data menggunakan uji N-Gain. Hasil menunjukkan rata-rata N-Gain kedua kelas sebesar 77. Uji hipotesis menyatakan Ho diterima karena thitung (0) < ttabel (2,004), sehingga tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua media. Namun, nilai N-Gain terendah pada kelas Pop Up Book lebih tinggi dibandingkan kelas Heyzine. Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Pop Up Book, Heyzine.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...