Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran quizizz berbasis paper mode untuk meningkatkan disposisi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V pada materi luas bangun datar di SD Negeri Sendangmulyo 03 Semarang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan Non-equivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika menggunakan pendekatan quizizz berbasis paper mode secara statistik memberikan dampak positif dalam meningkatkan disposisi matematis siswa sebesar 0,000, yang lebih kecil dari batas signifikansi 0,05. 2) Pembelajaran matematika menggunakan pendekatan quizizz berbasis paper mode secara statistik memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,000, yang jauh lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. 3) Implementasi pembelajaran quizizz berbasis paper mode dapat meningkatkan disposisi dan kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada kategori tinggi, pada disposisi matematis siswa kelas eskperimen sebesar 46,76 dan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 82,74.
Copyrights © 2025