Kualitas pembelajaran di sekolah dasar sangat bergantung pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik. Observasi menunjukkan rendahnya keterampilan HOTS dan keterbatasan instrumen asesmen digital inovatif, khususnya bagi peserta didik kelas empat. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengukur kelayakan instrumen HOTS berbantuan QUIZIZZ untuk siswa sekolah dasar. Studi ini menggunakan model ADDIE yang disederhanakan. Data dikumpulkan melalui validasi ahli (materi, media, bahasa) dan kuesioner uji kepraktisan. Analisis meliputi validitas isi, kepraktisan, validitas butir empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil menunjukkan instrumen ini sangat layak, dengan validasi ahli rata-rata >95% dan uji kepraktisan 92%. Dari 30 butir, 16 terbukti valid dengan reliabilitas tinggi. Meskipun tingkat kesukaran rata-rata mudah, daya pembeda butir soal menunjukkan kategori baik. Disimpulkan, instrumen HOTS berbantuan QUIZIZZ layak dan praktis untuk mengembangkan serta mengukur HOTS peserta didik. Rekomendasi penelitian selanjutnya adalah mengeksplorasi efektivitasnya dalam pembelajaran nyata.
Copyrights © 2025